mimi allegra's kitchen

experimental space for baking n cooking :D

Bek Azem : Ruzak zang Pemalazzz ;P

with 76 comments

menurutku, ini ruzak asli dari cerbon, alias ruzake wong grage – tingkat kebenarannya masih harus dipertanyakan seh, suale hanya berdasarkan asumsi si mimi, abisan udah turung-manurung ni resep dari mbah almarhumah, mamah, pengasuhku yang sudah kuanggap nenek, yang semwanya berasal dari cerbon.

berarti asli cerbon khaaannnn??? tanya pak bondan winarno aja yah hahaha…

kenapa RUZAK ZANG PEMALAZZZ??? (Z-nya mpe 3 biji :P)

karna orang males aja (contohnya si mimi inih) bisa bikin ni rujak. yang dibutuhin cuma :

– 1 buah panci ukuran sedang, plus 2 gelas air + 250 g gula pasir (gula mah selera, mo kurang mo lebih serah deh…) + 1/2 st garem (ini juga serah ya…sesoai slera) –> kemaren aku pake 5 gelas air + 400-500 g gula pasir (pokoke kira2 aja yah)

– 10 biji cabe merah, kiting bowle, ndut bowle cabena… (kemaren pake cabe merah guede, 5 biji aja biar ga pada kepedesan) iris miring2 sekitar 1/2 cm tebelnya. kalo males iris pake peso??? guntingin aja, owkeh! πŸ˜€

– 1 buah mangga ukuran gede nan mengkel yang masih muda (ya iyalah masih muda, kalo uda tua ya mateng hehehe…), serut lebar, trus diremas-remas pake garem – saya suka meremas-remas kekekekkkkk…. πŸ˜› meremas mangga lhooo… diamkan sampai agak layu, cuci bersih. –> kemaren pake mangga sekilo lebih, isinya cuman 2 biji hehehe… biangnya mangga πŸ˜€

pertanyaannya : bagaimana kalo anda sedang BENAR-BENAR malas…? gampang tinggal minta tulung asisten di rumah. kalo gag punya asisten kayak si mimi? gampang. kita nunggu aja di depan pager, tar kalo ada tetangga yang lewat, kita ajak ngobrol trus kita ajak mampir…

trus kita tanya deh dengan wajah sepolos bayi : “jeung, jeung… gimana ya caranya menyerut mangga lebar2 buat rujak manisan…? akyu bingung ni jeungggg…”

** ada 2 kemungkinan! **

kemungkinan pertama : versi tetangga baek hati… “oh, mudah kok, jeung… kalo yang pernah saya pelajari dari chef bara pattirajawane, caranya begini doang kok… tuu… mudah khaannn… sebentar juga udah kelar, btw mangganya cuma satu ini, bu… ada mangga yang lain gag yaaa… sini biar saya yang potongin”Β  –>Β  sangking baeknya ni tetangga hihihi…. dan dengan harapan kebagian ruzaknya (husss!!!)Β  πŸ˜›

nah, kalo punya tetangga kayak gene, kewajiban kita tuk ngirimin kalo ruzaknya dah jadi… be nice laaaa πŸ˜‰

kemungkinan kedua : versi tetangga gemannaaaa gethooo… “oh, itu mah DL, derita loo, jeung… hellowww… hare gene, eykeh disuru nyerut mango… mending eykeh jalan-jalan ke butik mango duehhh… yuk dada bubbyeeee….” vrmmbrmmmm… suara skuter mo keliling kota

kalo punya tetangga kayak gene, itu mah bener-bener derita lo qiqiqiiiiiii….. πŸ˜†

tapi ada sisi baiknya, ga usah dibagi ruzaknaaa… (ya iyalah, bete kaleee!) – but the problem is still, anda harus tetap menyerut mangga anda ndiri…

**

eh, butuh cara buatnya yaaaa…. wkwkwkkkkk… dari tadi dianggurin kok pada diem aja hahaha!

– tu panci beserta isi2 di dalemnya yang uda disebutin tade, digodok sampe mendidih dan gula larut, aduk2. cicipin manis asinnya udah manghtabzz blom, kalo belom ditambahin lagi sesuai slera garem gulanyah.

– masukin cabe merah iris tadi. tutup pancinya.

– setelah mulai agak hangat, masukin mangga mengkelnya, biarkan sampai dingin.

– masukin kulkas semaleman, besoknya baru dimakan biar lebih manghtabzzz…. (kalo dirasa kurang asem, bisa ditambahkan cuka sedikit sesuai kadar keasaman yang diinginkan –> kemaren aku pake 2 buah jeruk nipis, aku peres airnya)

hari panas makan yang dingin-dingin, asem-asem, manis-manis, agak asin, pedes smriwing…. waah dijamin pengen lage n lage duehhh!!!

SUEGERRRRRRΒ  SUER!!! πŸ˜€

oqellah kalo bek bek bek bekitu πŸ˜›

**

gampang khan cara buatnya… makanya dibilang ruzak sang pemalezz, abisan bikinnya sambil males2an juga bisa, suale dikit2 didiemin dulu… dikit2 didiemin dulu… trus didiemin semaleman – khan bisa sambil males2an, sambil ngeblog hahahaaaa….. πŸ˜›

mo ngikod Rujakannya Pakdhe Cholik di Ladies Program Rujak Antar Nusa

mendekati injury time tapi blom punya potonyah huhuhu…. uda ada potonya duong hahahahaaaaa…… πŸ˜›

makanya blum mendaftar scara resmi niyyy… pakdhe, tar aku daftarnya kalo udah ada potonya ya… Insya Allah kalo gag besok jumat ya hari sabtunya di H-1 hehehe… thx pakdhe πŸ™‚

uda daftar resmiiiiiΒ  ^_^

Advertisements

Written by mytemporarykitchen

March 4, 2010 at 6:19 am

Posted in Uncategorized

76 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Waaakkss… pantesan, aku dah suudzon aja ama internet kantor, kok ini gambarnya gak muncul2.
    Ternyato tak ado gambarnyo…
    Cepeeeet di potoooo…. cepetaaaan….

    Tanti

    March 4, 2010 at 6:48 am

    • hihihi… padahal baru aja aku tulis di dapur dikow, kalo jumat or sabtu mo bikin bek asem buat acara hari sabtu, skalian buat dipoto tuk acara pakdhe hehehe…

      **geleng2… kesian internet kantor wakakakakkkk…. πŸ˜€

      mytemporarykitchen

      March 4, 2010 at 6:52 am

    • iyooo…. iyooooo…. tar dipotoooooo…. sabarooo sabarrooooo…. (kok kayak zorro yak :P)

      mytemporarykitchen

      March 4, 2010 at 6:54 am

  2. brrrr…. dingin2 kecut dan kecut2 segerrr… asik tuh. hehehhee… klo berkenan, ndak nolak kok dikirimin rujak azemnya. hahhahaaa

    cah ndeso

    March 4, 2010 at 7:45 am

    • huaaahhh… dijamin huhah huhah pedes kecut tapi pengen lagi dan lagiii πŸ˜‰

      owkeh, nanti mimi email yaaaa… πŸ˜€

      mytemporarykitchen

      March 4, 2010 at 7:51 am

  3. dimana letak malesnya mbak? ❓
    kalo males tuh,
    – siapin aernya diwadah tanpa direbus *namanya jg males*
    – masukin gula, garem dan sejenisnya tanpa diaduk *namanya jg males*
    – cemplungin cabenya tanpa diiris *yang ne jg males*
    – cemplungin lagi mangganya tanpa dikupas dan serut *namanya jg males*
    – yang terakhir tinggal masukin dalem kulkas, kelar deeh…. :mrgreen:

    oh ya, kulkas yg ada rujak buatan mbak Mimi ada disebelah mana? dah pengen nyiduk ne πŸ˜€

    Ram

    March 4, 2010 at 8:55 am

    • :whkakakka:
      masukin dalem kulkas, kelar deh.. **pake wajah sepolos mungkin.

      Mi, numpang guling-guling dulu yah! bundo lagi ngebayangin nona Ram ini ngebacain cara bikin rujak versi males.

      nakjaDimande

      March 4, 2010 at 9:50 am

      • **ikutan bundo guling2 ahhhh… πŸ˜€

        baca versinya ram mimi langsung nyengir kuda semanis coklat wkwkwwkkkkkkk….

        mytemporarykitchen

        March 5, 2010 at 2:08 am

      • ehem…
        yang lagi digosipin dateng ne

        Ram

        March 5, 2010 at 5:19 am

      • bundooo!!! qta lagi gosipin syapa sehhhh πŸ˜€

    • YOU’RE RIGHT RAAMMMM….
      2 THUMBS UP for YOUR MALESITY! πŸ˜†
      **duh pengen jitak ni anak dueh, abisan malesnya ngalah2in si mimi wakakakakkkkk……

      – ga sekalian masukin pohon mangganya ke kulkas, ram, soalnya kan males metik mangganya heheheheee….

      kulkasnya udah ta’umpetin dalem lemari baju, biar gag ketauan ram πŸ˜›

      mytemporarykitchen

      March 5, 2010 at 1:08 am

  4. kiro kiro kalo akyuo laghio maeno kesono masyio ado tak(o) yo…???

    ismi

    March 4, 2010 at 9:27 am

    • kiro-kiro kalo syudo takado, apo ismo (ismo?) mo bantuo mimio bikino laghio kah(o)…??? πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

      mytemporarykitchen

      March 5, 2010 at 1:50 am

  5. Segeeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrr…….
    apalagi kalau siang-siang. beuuh. segar.

    Den Hanafi

    March 4, 2010 at 10:58 am

    • beeuuhhhhhhh…. seger benerrrr betul betul betuuuullllll πŸ˜€

      mytemporarykitchen

      March 5, 2010 at 2:01 am

  6. Sepertinya kenal dg rujak itu deh.. Sepertinya pernah makandeh.. Dimana ya..?
    Oiyaaa ini mah yg suka mbah aku bikin tiap kita libur sekulah πŸ™‚
    Tp versi simbah ga pake cabe πŸ™‚

    Moga menang ye say
    *diriku blm bikin*

    nopnop

    March 4, 2010 at 11:03 am

    • hwaaaa….. toss sama mbah πŸ˜€

      tuuuu khan, satu kesaksian lage kalo ni ruzak asli grage πŸ˜‰
      memang kalo dulu mamah juga suka ga pake cabe ato pake cabe cuma sebiji hehe… supaya anak2nya gag pada mules, suale kalo anak 3 pada mules, mamah yang repot haha…

      thx, darlingzzz….
      *hayuk bikin… tar kayak aku loh, ditagih pakdhe dimana2 : mana rujaknya??? kata pakdhe (aku lebayy hakhahaaa….)

      mytemporarykitchen

      March 5, 2010 at 2:04 am

  7. Nah kan, si bunbun itu selalu deh fotonya belakangan heuheuee… Udah baca tuh berharap ada fotonya, tp nyusulll kekekek…

    zee

    March 5, 2010 at 3:08 am

  8. jiaaaaaaaaaaahh..phote ora ono tho ?
    hihihi..
    aku tau rujak ini..
    temen aku serin9 buat

    klu mau males la9i nda sah pake cabe cukup 9ula pasiri ma 9arem cukup wess nda sah direbus lan9sun9 diremes baren9 kasih air.. :mrgreen:
    su9eerrrrrrrrrrr !

    tapi sayan9 aku nda doyan man99a 😦

    seepp,9ood Luck sistah πŸ™‚

    *sisatah aku da liaaaaaaaaaaaaaaaaatt!!
    lucuuuu,cantikss ihhhihihi..

    bole aku tulis??

    makasiiiii yaaaaa πŸ˜‰

    wi3nd

    March 5, 2010 at 3:19 am

    • hai cinnn… sori ya baru reply
      ** mohon maap juga tuk sahabat2 smwanya yaaaa…. mimi cuma bisa nyolong2 inetan akher2 inih, sedih sebenernyaa… 😦

      wah seger juga tuh say, i love meremas-remas kekekekkkkk…

      yaaaa…. wi3nd… itu kan buah paling endang sedunia πŸ˜€ πŸ˜€

      thx a lotz, tengkiuuu gudluck to u, too

      liat apaaaaaa……!!! πŸ˜€
      alhamdulillah kalo wi3nd suka, alhamdulillah juga nyampe dengan selamat yah kurirnya beserta kuehnya, jadi bisa makan mia ayam hehehe…
      ** duh aku ngiler pengen maen ke mie janda sono deh… sllurrpzzzz… πŸ˜›

      bole ditulis kok say (hihihi…. telat banged baru jwab sekarang di blog padahaluda sms-an dari kmaren) πŸ˜€
      ** malah mimi blon posting2 kuehnya dudududuuhhhh maapkan yaaaa…

      sama-sama, cin πŸ™‚

  9. kayaknya kalau yg males2 gini cocok untuk bunda deh,Mimi cay πŸ˜€
    gk ada gambarnya aja dah bikin ngiler nih,Mibikin produk air liur jadi berlebihan…………….. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    Semoga beruntung di acaranya PakDhe ya Mimi cay …. *hugz,hugz*
    salam

    bundadontworry

    March 6, 2010 at 7:38 am

    • bisa jadi, bundacay… kekekekkkk…. kabuuurrrrrrr…. πŸ˜€

      maap yah, baru reply… hugzzzz…

      gud luck to u, too, bundacay πŸ˜‰
      hugzzz, salam

  10. duuh jadi ngiler nih Mbak Mimi
    kebayang kuahnya yang asem manis pedes sueegheerr

    semoga beruntung dan menang yaa πŸ™‚

    lyna riyanto

    March 7, 2010 at 3:04 am

  11. Terima kasih atas partisipasinya
    Kayaknya seger bang’get nich rujaknya
    Saya catat sebaga peserta
    Daftarnya bisa dilihat pada menu Rujakan Yuuk !!!
    Salam hangat dari Surabaya

    BlogCamp

    March 7, 2010 at 6:57 am

    • tengkiuuuu pakdhe… yuk pakdhe, main ke dapur… masih ada cabenya di panci wkwkwkkkk… πŸ˜€
      maap baru reply
      iya, udah liat tapi blum komeng…

      memanfaatkan waktu ngeblog yang singkat inih untuk reply komeng2 dulu yaa… πŸ˜€
      salam hangat dari xsari πŸ™‚

  12. Mimiiii…ayem koming yeuuuuuh….!!!!!!aseli, rindu setengah modol..eh…moddaar!hihihi….akhirnya bisa nongol lagee setelah menyelesaikan strikaan yang jubileee…segunungnya!

    Desri Susilawani

    March 7, 2010 at 11:00 pm

    • aih aihhhhhh…. urang jauh balik juga dari jauh (apa siy mimi sok nyunda tapi ngaco hehe…)

      welcome back, sista! mizz u soooo…
      hah modol??? πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

      mimi juga apalagi abis pindahan, akhirnya pake cara ajaib : londry kiloan gegegeggggg….. tetep nambah dei nambah dei gunungannya…

      kalo kata mba nop, proyek 2M jadi 4T : cuci 2 Mber jadi setrikaan 4 Tumpuk hahaha!

  13. HAHHHH! dah lewat kah waktu pendaptarannya? yahhh…rujak soun orang bangka ga bisa daptar dong…gaswatttt

    Desri Susilawani

    March 7, 2010 at 11:04 pm

  14. rujak ke gini pasti mangtabs dibawa buat bekal perjalanan pulkam….weh..hehehe…masih beras euforia pulkamnya neeh!

    Desri Susilawani

    March 7, 2010 at 11:07 pm

  15. wiii..liat futuna da n9ileerr neeeh πŸ™‚
    berasa n9ilu n9ilu 9imanaaaaa 9etoh serasa makan man99a mudanya..

    doochh…se9eerr.ne air liur jadi ditelen mulu sistah :mrgreen:

    wi3nd

    March 8, 2010 at 2:41 am

    • mimi bingung sama wi3ndcay nehhh… katanya gag doyan mangga ni anak, tapi bisa ngeces liat potonya…

      sistah yang aneh… wkwkwkwkkkkk…. πŸ˜†

      • hihi eman9 nda suka man99a..
        tapi liat fotona aku da berasa ajah,kan amsih bisa makan kuahnya sistah :d

        bisa dimakan pake krupukss,emmm enakk… πŸ™‚

        hihihi..iyah aku aneeeh wikikikiki

        wi3nd

        March 9, 2010 at 7:20 am

      • pake emping enyak kayane say… πŸ˜€

        mamahku juga suka sama airnya, katanya sekarang gigina uda ga kuat kalo mesti gigit mangga yang cekrus cekrus…

  16. tanya daku yg secara langsung mencicip ntu rojack…!!!!
    rhuasanya segaaaaaaaaang!!!!

    ismi

    March 8, 2010 at 3:24 am

  17. Mbaaaaaaakkkkkkk…. yuhuuuuu….
    ada bingkisan nih… cekidot ya honey..
    http://frommylittlekitchen.wordpress.com/2010/03/09/tenkyu-mbak-monda/

    Tanti

    March 9, 2010 at 2:02 am

  18. tadi abis dari rumah ismi
    liat banyak makanan..

    kok aku nda dapeeetttt??!!

    *n9ambek……… hihi

    wi3nd

    March 9, 2010 at 5:08 am

    • mimi beli balon duluuuuuu πŸ˜‰

      **psssstttt… uda diabisin ismi tuuuuu πŸ˜€
      jangan bilang2 ismi yah, kalo mimi bocorin hal iniiiii huahahahaaa….

      • **isminya denger…

        balooon juga uda abis sama aq kemaren, waktu aq nangis coz si mimi gag pernah maen …..

        ismi

        March 11, 2010 at 1:31 am

      • hihihiiiiii…. do’inya denger tuuu πŸ™‚

        funky fun-T mimi allegra

        March 11, 2010 at 5:14 am

  19. Wahhh eunak nie, bikin ngiller mana belum makan lagi.

    Deka

    March 10, 2010 at 6:07 am

    • waduh, tar klo blum makan bisa mules lage…
      btw yang habis dari kampuang nan juaoh di mato ko ole2nya blum nyampe niy hehehe… πŸ˜›

      funky fun-T mimi allegra

      March 11, 2010 at 5:19 am

      • Oleh-oleh..??? seperti yang saya jelaskan dalam konferensi pers di blog saya tante. hehehehh

        Deka

        March 14, 2010 at 3:37 am

  20. Wuah wuah wuah, minta airnya mi, kepedesan nieh, cabenya ganjil ya? Kalo ganjil meski cuma atu pastip edes, kalo genep meski setruk katanya ga pedes.*katanya lho*

    dasir

    March 11, 2010 at 8:10 am

    • boleh, bolehhhh…. ni mimi bawain aer seember hahaha…

      waduh, walo setruk tapi kalo genep ga pedes? penasaran jadinya… mo coba aahhhhhh….
      ** pergi beli cabe setruk dulu (truk maenan allegra, tentunya hihihi…)

      btw, ituh poto kembaran idola di rumah pakdhe keren pisan euy πŸ˜‰

  21. mimi….kok yg begini dibilang males sih..
    aku justru males kalo mesti disimpen dulu…soale moodnya pasti turun, nggak mau ngelanjutin lagi…

    monda

    March 11, 2010 at 3:41 pm

    • mmm…. mungkin hanya versi males yang berbeda kali ya, mbaaa….hahahaaaa….. πŸ˜€

      tengkiuuu y awardnya mba.. dari mba ke tanti dari tanti ke akyuuu… tengkyuuuu πŸ˜‰
      hugzzzz…….

  22. huwaaa..ngiler bacanyaaa..
    apalagi udah liat penampakannya, langsung buru buru nyari ember..
    Hari gini masih musim mangga ga yaa, huhuh pengeeenn menangis darah*

    Nia

    March 12, 2010 at 6:46 am

    • hah sampe perlu emberrr kah??? πŸ˜€

      iyah, harga mangganya juga bikin nangis bombay, sekilo 25rb huaaaaaa!!!!! mangga emassss1!!! 😦

      terpaksa beli karna uda kepepet tuk masukin poto ruzak heheheeeee…. πŸ˜›

  23. Mimi…moga-moga rujaknya menang ya…
    Eh, kayanya bakalan menang semua deh, kan Pakde udah nyiapin hadiah banyak banget, hehe…baik banget ya beliou… πŸ˜€
    Oya, maen ke tempatku ya Mimi yg cantik… πŸ˜€
    Ada PR buat dirimyu… πŸ˜€
    http://anyanfit.wordpress.com/2010/03/08/pr-pertemanan/

    anfit

    March 12, 2010 at 9:48 am

    • amiinn…
      yupzzzzz!!!! nampagnyah semwa dikasi hadiah ma pakdhe πŸ˜‰
      pakdhe yang baik, anfit yang baik… sudah kasih mimi peer πŸ˜‰

      peernya sudah mimi ambil, tapi ngumpulinnya belum tau bisa kapan ya hehehe

      funky fun-T mimi allegra

      March 13, 2010 at 6:48 am

  24. sistaaaaah acarana rujakna da selseeeeeeee πŸ˜€

    di9anti poto poto ala raden ajen9 kartini jeh..

    hapdeeeeeett hapdeeett.. he he..

    sibuk yah sist?

    take care yaah πŸ™‚

    wi3nd

    March 18, 2010 at 5:52 am

    • duuuu bikin mupeng gw aja neeeeyyyyy….nyam2…..mo dong fan…..pesen………..gmn cara?

      essie

      March 19, 2010 at 8:54 am

      • hihihiiiiii…. kalo nyang inih neh mimi tau deh emang lage ngidam lah yauuuwww πŸ˜€

        adang tayang lagi keliling jakarta cari mangga ya keknya πŸ˜€

        bawa ajah mangga mudanya ke rumah gw say, tar Insya Allah gw bikinin deh… suale cari manggana syusyeeee… di hipermart kemaren aja cari yang mengkel susah banged, rata2 uda pada mateng, mana sekilo 25rb…duh hehehe…

        funky fun-T mimi allegra

        March 19, 2010 at 9:22 am

    • hapdet mimiiiii, hapdet….. fans club dah waiting list tuuuuu kikikiiiiikkkkkk….. πŸ˜›

      funky fun-T mimi allegra

      March 19, 2010 at 9:16 am

  25. haddduuuuh…mimi masih kebanjiran order ya….? jangan lupakan daku ya ciiin…maapin diriku juga ya, monitor nungging nih..jadi kudu giliran lapie sama si aa…

    Desri Susilawani

    March 20, 2010 at 4:49 pm

  26. mimi….lagi kebanjiran order yak ?
    dah kangen nih baca2 postingan mimi…. πŸ˜›

    anfit

    March 23, 2010 at 9:09 am

    • hai saaayyyyy…. miz u, tooooooo…
      hihihi… kebanjiran order kah…??? amiiiinnnnn πŸ˜€

      **lagi kebanjiran soksibuk ney hehe…
      Insya Allah mw hapdet lagi soooooooooooon…. (buset dah o-nya banyak bener) πŸ˜†

      funky fun-T mimi allegra

      March 23, 2010 at 5:58 pm

  27. say…bantu doa nya dunk, biar si tiwi mau ngasih pinjem netbook nya untuk dirikyu…hahahaha…ngarep mode on bangetssss

    Desri Susilawani

    April 4, 2010 at 2:32 am

  28. keknya komengku yang barusan ketangkep ma si aki πŸ˜€
    tralala duehhhh… mosok ownernya aja ditangkep hehehe…

    pokoke dakyu doakennn amiinnnn amiiinnnn Allahumma amiiinnnn πŸ˜‰

  29. Aduuuuuuh,… makan ini pas sariawan kayaknya manteb banget…. >.<'

    Asop

    April 21, 2010 at 1:28 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: