mimi allegra's kitchen

experimental space for baking n cooking :D

Batuk?? Bisa Sembuh tanpa Obat, Bu…

with 18 comments

hari jumat kemarin allz batuk. datengnya tiba2 aja, ga diundang ga diusir ga dianter hehe…batuk2 imut gitu lah khas anak kecil. kupikir aku mw praktekkan tips dari dokter spesialis anak dr. Purnamawati (thx a lotz, dok…), di artikel post nya tentang “Batuk Pilek tak Perlu Cemas”.

Dr Purnamawati, SpA menekankan hal ini dalam bukunya, Smart Parent Healthy Child. Ia menyebutkan, batuk merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran napas dan paru-paru dari mikroorganisme, lendir, dan benda asing.

tipsnya yang aku coba untuk praktekkan adalah, tidak memberikan obat sama sekali kepada si kecil di saat batuk.

hari itu kami bertiga (pipi mimi n allz) lagi nginep di rumah eyang. sorenya, allz mulai panas, agak rewel karna agak demam itu mungkin…kalo aku rasain panas di perutnya mungkin sekitar 38 derajat. termometer rusak ke(di)banting allz jadinya pake kira2 tangan mimi hehehe… aku beri dia pijatan lembut dengan kayu putih di dada perut dan punggungnya. trus aku peluk dirinya yang sedang bobo sambil agak merintih, supaya panasnya pindah ke tubuhku. katanya sih itu salah satu cara untuk mempercepat turunnya panas si kecil.

jam 7-an panasnya mulai turun (sirep kalo kata orang jawa). pipi pulang kerja dia heboh ngajak maen, secara abis dibeliin maenan masak2an baru ma miminya…pikir kami, alhamdulillah panasnya udah turun, tinggal batuk2nya masih. eh terus dia minta main ma eyang utinya di kamar. kata mamah allz maunya loncat2 terus di kasur trus guling2an, ga bisa diem… walhasil jam 10 malem panas lagi, kayanya mpe 39 derajat deh, rewel dei deh…aku kasih madu+jeruk nipis trus dia bobo.

aku buka bajunya, kubalurkan vicks di dada leher dan punggungnya, trus kubalurkan jeruk nipis di ubun2nya, semalaman tidur dengan kudekap erat…akhirnya dia berkeringat dan kurasakan panasnya agak turun. paginya masih anget tapi udah ga sepanas kemarin.

papahku uda sebel aja sama aku, katanya anak sakit bukannya dikasih obat, malah buat coba2 metode… hehehe, bukan itu maksudnya, sebenarnya kan kalo emang terbukti benar akan lebih berguna bagi tubuh allegra di kemudian hari…Insya Allah akan lebih kebal penyakit…

si pipi juga uda mulai nyap2 juga kaya papah, nyuruh2 ke dokter mulu… tapi mengingat terakhir kali ke dokter allz dikasih obat minimal 3-4 macem, yang salah satunya pasti antibiotik yang harus dihabiskan, aku kekeuh tahan2in aja kupingku untuk mencuekin kata2 dua orang lelaki yang aku sayangi tersebut hehehe…

allz tetep aku kekepin kalo tidur, tetep kukasih air anget, minum susu walau makan agak susah, buah n madu+jeruk nipis. hari ini muntah 2 kali karna batuknya, yang hasilnya dahaknya keluar banyak jadinya dianya lega dan suhu tubuhnya mulai mendekati normal.

alhmdulillah…sabtu malam sudah sembuh dari demamnya, bangun tidur minggu pagi sudah normal sama sekali, batuknya juga sudah mulai jarang…dan mulai bikin kehebohan2 kecil di rumah mamah, nonton pororo sambil jingkrak2 lah, minta maen ke luar lah hehehe…wah, Insya Allah uda fresh lage ni anak…

Alhamdulillah, ternyata tips ini manjur…at least aku sudah  mengurangi asupan antibiotik yang tidak dibutuhkan oleh tubuh anakku…imun tubuhnya telah memerangi penyakit itu sendiri…jadi menurut artikel yang pernah aku baca, bila tubuh demam tidak selalu buruk(kalau misalnya demam pada penyakit ringan batuk pilek dan diare yang tidak disertai keluarnya darah, maka bila demam tidak perlu langsung dihantam parasetamol). demam ini mengindikasikan bahwa tubuh sedang berperang melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. pokoknya kalo terjadi sesuatu dengan tubuh maka biasanya terjadi demam.

skarang allz sudah sembuh!!! :)giraffe kok naik giraffe  8-)giraffe kok naik giraffe hihihi… 🙂

..

berikut ini beberapa tips yang bisa bermanfaat tentang menanggulangi dan mencegah batuk (kuintipz dari blog dr. Purnamawati) :

Sebaiknya Periksa ke Dokter apabila :

  1. Bila batuk disertai demam tinggi, di mana suhu di atas 40,5 derajat Celsius, kemungkinan terjadi infeksi bakteri.
  2. Dahak kental, berbau, dan berwarna.
  3. Muntah-muntah berwarna hijau.
  4. Batuk yang mengeluarkan darah.
  5. Batuk berlangsung lebih dari tiga pekan.
  6. Diikuti pembengkakan di wajah atau tenggorokan.
  7. Kesulitan bernapas atau napas pendek-pendek.

Langkah Sederhana

  1. Beristirahat dan tidur yang cukup.
  2. Tingkatkan asupan cairan. Dengan cara ini, Anda terhindar dari dehidrasi, mencegah lapisan dalam tenggorokan tidak mengering, serta dahak menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.
  3. Hindari minuman bersoda karena memperparah dehidrasi. Untuk orang dewasa, kurangi kopi dan minuman beralkohol.
  4. Jauhkan diri dari asap rokok karena akan memperparah kondisi.
  5. Mandi air hangat karena meningkatkan kadar kelembapan udara dan meringankan batuk kering.
  6. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan minum air putih yang banyak.
  7. Untuk pencegahan, cuci tangan sesering mungkin.

Sumber : Koran Tempo


ini juga ada artikel yang bagus tentang penggunaan obat : “Hindari Obat Irasional”

 

smoga bermanfaat…

Advertisements

Written by mytemporarykitchen

October 26, 2009 at 6:41 am

18 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Batuk emang menjengkelkan. Trims atas tips2nya.

    alamendah

    October 26, 2009 at 9:04 am

    • silaken pertamaxx 🙂
      sama-sama, semoga bermanfaat yaa…

      mytemporarykitchen

      October 26, 2009 at 9:15 am

  2. pasti bermanfaat…apalagi KK Ghiya dan adek salman lagi batuk pilek. tx ya mi Allz, mo dipraktekkan ilmu kesehatannya…

    Desri Susilawani

    October 27, 2009 at 9:39 am

  3. futu Allz terbaru yah….ih ngegemezin!

    Desri Susilawani

    October 27, 2009 at 9:41 am

  4. jeruk nipis ama kecap!!!
    obat batuk yg paling enaaaakkkk.. heheee

    oya bu, baru tau ttg tips ini
    bnyk ibu2 muda yg dikit2 ke dokter
    wkt bayi mulai 2bulan kebetulan aku penyakitan, walhasil aku kebanyakan antibiotik n hasilnya gigiku coklat & rapuh! *menyebalkan!*

    niy postingan nya aku copy deh, buat org rumah yg pd punya balita.. kaya nya penting nih, biar jangan dikit2 dokter..

    tengkyu yaaaah

    nop

    October 27, 2009 at 11:56 am

    • sama2 auntie nop, smoga bermanfaat…
      emang itu obat favoritku kalo batuk – kecap n jeruk nipis…enyak enyak enyak… kemarin nyoba pake madu karna buat staminanya allz juga, kalo disuapin makan ampun2an deh syusyahnye…karna badannya lage ga enak kali ya…
      iya , ibu2 muda itu tralala deh, dikit2 ke dokter…itu yang bikin dokter purnamawati ini khawatir…dia pernah periksa baby trus kata dia ga perlu obat, atau yang diare cukup oralit aja, masak ibunya marah2, katanya sama aja dengan puskesmas dong…ck ck ck…ibu yang aneh! 🙂

      funky fun-T mimi allegra

      October 29, 2009 at 1:00 am

  5. karena bundo belum punya si kecil, tips diatas bundo gunakan buat diri sendiri ajah.. soale sekarang lagi pilek bin batuk.. uhukk uhukkk.. makaciy tipsnya ya mimi.. **beneran ga ciy panggilannya mimi? 😛

    nakjaDimande

    October 27, 2009 at 1:27 pm

    • Insya Allah buat kita yang gede2 juga bisa kok, bundo…mimi juga ga pernah minum obat batuk lagi walo orang sekeliling uda memandang dengan iba kalo aku lagi batuk (kayak orang bengek kali pikirnya yah hahaha…)

      smoga bundo cepat sembuh ya…jangan lupa banyakin istirahat dan minum yang hhangat hhangat…n aer putih banyak2.

      iya panggilnya mimi dan pipi… 🙂
      tadinya mami dan papi waktu masih hamil allz…tapi kalo manggil kan cuma mi..mi.. atau pi..pi..
      ya suds deh jadinya mimi dan pipi aja lebih oke menurut qta hehe…

      funky fun-T mimi allegra

      October 29, 2009 at 1:11 am

  6. allz usia berapa? sepakat banget deh, kalo bisa kurangin obat-obatan, katanya efeknya nanti kalo udah gede baru ketawan. Bahan-bahan alami saja, atau mengikuti yang Rasul saw contohkan, madu dan habatus sauda’. 🙂

    dinoyudha

    October 28, 2009 at 1:42 am

    • allz baru dua taon, om dino… iya, katanya efeknya pas udah gede, jadi kebal kalo dikasi obat malah ga mempan, sakitnya jadi ga sembuh2…

      iya allz juga suka madu…tapi apakah habatus sauda’ emang sudah boleh untuk bayi atau anak kecil ya…
      tengkyu udah mampir ya, om…

      funky fun-T mimi allegra

      October 29, 2009 at 1:14 am

  7. suhu panas memang wajar jika dalam rentang yg masih antara 37-39 drajat C.. itu untuk mengaktifkan sel darah putih yg ada di dalam tubuh kita, sehingga dapat bekerja dengan baik (diantaranya, membunuh kuman)…

    iyoong

    October 30, 2009 at 12:28 pm

    • o…gitu ya mas ternyata latar belakangnya kenapa masih ok dengan suhu segitu kalo baru sakit (eh,btw ini mas or mbak ya, soalnya perna punya temen namanya iyung itu cewe..)…ternyata salah satunya karna si darah putih lagi berperang mbunuh kuman ya…

      tengkyu banged infonya, nambah pengetahuan aku jadinya 🙂 . thanks juga udah mampir…

      funky fun-T mimi allegra

      October 30, 2009 at 1:05 pm

  8. batuk ama pileknya KK dan adek sembuh sendiri..akhirnya bosen sndiri tuh penyakit…. mungkin pikir BP,”ngapain lama2 ngendon di tubuh KK dan adek, dapet perhatian juga enggak”

    Desri Susilawani

    November 1, 2009 at 8:12 am

    • alhamdulillah…smoga tubuh kaka dan adek jadi lebih tahan penyakit yah…

      iya kata BP nya : bete ga dikasi obat, qta pindah aja yyukkksss… 😛

      funky fun-T mimi allegra

      November 2, 2009 at 2:14 pm

  9. mi..aku mau coba madu+jeruk nipisnya nih buat adek salman…

    Desri Susilawani

    November 20, 2009 at 4:46 am

    • selamat mencuba yaaa… semoga dd salman cepat sembuh…
      mungkin agak terasa asam kali ya, soalnya allz pas minum madu+jeruk nipis itu nyengir2 ga jelas gitu hihihi…

      funky fun-T mimi allegra

      November 20, 2009 at 9:11 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: